• Menu

    Copyright © Buletin Desa Selayar | Membangun Selayar Dari Desa #BDS Nusantara
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Gairah Petani Desa Buki Timur Menurun, Ini Alasannya


    SELAYAR | BDS Desa Buki Timur – Warga Desa Buki Timur, Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, terutama para petani mengeluhkan hasil panen yang tidak terdistribusi dengan baik hingga ke pasar maupun ke pemborong yang selama ini menjadi harapan.

    Akibatnya, ada hasil bumi yang kemudian dibantarkan begitu saja hingga menjadi makanan ternak oleh warga, dari pada dibiarkan membusuk karena tidak ada pembeli.

    "Kendala yang sering dialami oleh petani kita pak, seperti itu. Mereka masih ada yang bingung harus melempar kemana hasil panen itu. Hal ini menjadi fokus perhatian kami di desa saat ini," ungkap Risman, Sekdes Buki Timur, pada Rabu (27/4).

    Oleh sebab itu, lanjut Risman, Pemdes berupaya maksimal memberikan semacam penyuluhan terkait contoh pengelolaan tanah dan hasil bumi. Termasuk didalamnya sistem marketing atau pemasaran hasil bumi pasca panen.

    Menurut Risman, upaya ini menjadi sangat serius dan penting saat ini. Sebab, jika tidak ada penanganan dengan serius, maka akan memupuskan etos kerja para petani. Padahal, target kita adalah bagaimana agar petani tetap produktif.

    "Indikasi itu sudah ada, seperti petani yang sudah mulai malas-malasan untuk bercocok tanam, karena mereka berasumsi hasil panen harus dilempar kemana?," ujarnya.

    Hasil bumi seperti ubi atau pisang kerap kali dibantarkan begitu saja oleh petani, hingga menjadi konsumsi ternak.

    Menurutnya, Desa Buki Timur memiliki tanah yang sangat subur, terlebih sebagian berada di area pegunungan. Hasil bumi seperti kenari, bawang merah dan emping merupakan beberapa hasil panen yang masih bertahan ketika kondisi sulit seperti saat ini.

    Dulu saat Pilkada, kata Risman, sektor pertanian sempat bergairah, karena didorong harapan besar visi misi Bupati menyangkut sektor pertanian mendapat porsi yang dominan. Namun kenyataannya saat ini seperti stagnan.

    Guna menjaga agar petani tetap produktif, Pemdes Buki Timur terus berinovasi. Namun di sisi lain, Ia juga berharap agar pemerintah kabupaten bisa memberi solusi agar hasil pertanian mempunyai nilai manfaat bagi petani, sebagaimana mestinya.


    Penyaluran BLT DD Tahap 1

    Sementara hari ini, Rabu 27 April 2022, Pemdes Buki Timur menyalurkan BLT Tahap 1 untuk bulan januari-maret. 

    Pada Penyaluran ini dipimpin langsung oleh Kepala Desa Buki Timur Nur Kamar.

    Giat ini turut dihadiri oleh Sekretaris Camat Buki Rusmin, S.Sos, Ketua BPD Desa Buki Timur Muh. Askin dan pendamping Desa Bapak Haeruddin.

    Dalam penyaluran ini, Kepala Desa Buki Timur menyampaikan bahwa jumlah penerima 82 KK, dengan masing-masing menerima 300 ribu/KK untuk dibulan Januari-Februari-maret.

    Kepala Desa Buki Timur mengucapkan berterima kasih atas kerja keras perangkat desa demi kelancaran tugas-tugas pemerintahan desa. 

    "Jadi saya mengharapkan kepada semua penerima BLT agar bisa memanfaatkan BLT DD ini untuk pemenuhan kebutuhan pokok, apalagi menjelang lebaran idul Fitri," ujarnya.

    (BDS Desa LOWA)
    #Buki Timur#Buletin Desa Selayar
    Buletin Desa Selayar Rabu, 27 April 2022 Last Updated 2022-04-27T15:29:58Z
    Komentar

    Tampilkan