• Menu

    Copyright © Buletin Desa Selayar | Membangun Selayar Dari Desa #BDS Nusantara
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Pemdes Tamalanrea Salurkan BLT Tahap 1 Kepada 75 KPM


    SELAYAR | BDS Desa TamalanreaPemerintah Desa Tamalanrea, Kecamatan Bontomatene, Kabupaten Kepulauan Selayar salurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa (DD) Tahap I Tahun 2022, kepada 75 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Penyaluran BLT Dana Desa ini berlangsung di Aula Kantor Desa Tamalanrea, pada Selasa (17/5) lalu.

    Kegiatan dihadiri oleh Kepala Desa Tamalanrea Awaludin, Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kepulauan Selayar Yusdanial, BPD, Babinsa, Pendamping Lokal Desa, dan Perangkat Desa. 

    Kepala Desa Tamalanrea Awaludin yang mengkoordinir langsung penyaluran BLT Dana Desa mengatakan, sesuai dengan ketetapan bahwa Keluarga Penerima Manfaat berhak untuk menerima BLT selama 12 bulan selama Tahun 2022, dengan besaran 300 ribu rupiah per bulan. 

    Untuk itu, di penyaluran BLT Tahap I untuk bulan Januari sampai Maret, para KPM akan menerima sebesar 900 ribu rupiah, kata Awal. 


    Dalam kesempatan tersebut, Awaludin menjelaskan jika penetapan calon penetapan calon BLT DD tahun 2022 agak berbeda dari tahun sebelumnya. Dimana berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia (Perpres RI) Nomor 104 Tahun 2021 Tentang Rincian Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Tahun Anggaran 2022, Dana Desa telah ditentukan penggunaannya untuk Program perlindungan sosial berupa BLT paling sedikit 40 persen.

    Selain itu, berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 190/PMK.07/2021 Tentang Pengelolaan Dana Desa, juga telah memperkuat terkait kriteria calon penerima BLT. Dalam aturan tersebut disebutkan bahwa para calon penerima BLT harus memenuhi 6 kriteria.

    "Alhamdulillah, Desa Tamalanrea telah mengikuti aturan tersebut, dan bahkan melebihi dari 40 persen," ucap Awaludin.

    Sementara Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat (TAPM) Kepulauan Selayar Yusdanial menyatakan, apresiasi atas tersalurnya BLT Dana Desa Tamalanrea. 

    "Dengan tersalurnya BLT DD tahap I ini, saya berharap para KPM memanfaatkannya dengan baik dan bijak," ucap Yusdanial. 

    Selanjutnya, Yusdanial juga meminta kepada Pemerintah Desa Tamalanrea agar dalam waktu yang tidak terlalu lama, BLT tahap II untuk bulan April-Juni juga segera bisa tersalurkan. (Tim).

    #Buletin Desa Selayar#TAMALANREA
    Buletin Desa Selayar Jumat, 20 Mei 2022 Last Updated 2022-05-20T09:46:25Z
    Komentar

    Tampilkan