• Menu

    Copyright © Buletin Desa Selayar | Membangun Selayar Dari Desa #BDS Nusantara
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Data IDM Terbaru Kecamatan Buki, Dua Desa Naik Status Menjadi Desa Mandiri


    BDS SELAYAR | SELAYAR — Sebanyak 2 (dua) desa di Kecamatan Buki, Kabupaten Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan berhasil meningkat status menjadi Desa Mandiri dan 5 (lima) desa lainnya berstatus Desa Maju. Dengan demikian, maka status Kecamatan Buki pun berubah menjadi Kecamatan Maju.

    Berubahnya status pada beberapa Desa di Kecamatan Buki diketahui setelah Perangkat Desa didampingi Pendamping Desa atau Pendamping Lokal Desa melakukan pengisian atau penginputan kuesioner Indeks Desa Membangun (IDM) Tahun 2023 berdasarkan kondisi terkini atau fakta data di lapangan. 

    Camat Buki Dempak, S.Pd., saat dikonfirmasi langsung oleh Pewarta, pada Kamis (6/7/2023), usai melakukan Penandatangan Berita Acara Penetapan Status Desa dan Rekapitulasi IDM Tahun 2023, menyampaikan apresiasinya kepada pihak-pihak terkait dalam proses pemutakhiran data IDM tersebut. 

    "Pertama-tama saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak terkait, khususnya kepada para kepala desa, pendamping desa dan pendamping lokal desa, serta seluruh perangkat dan staf desa yang berpartisipasi aktif dalam pemutakhiran data IDM ini sehingga bisa terselesaikan sesuai dengan batas waktu yang telah ditentukan oleh Kementerian Desa PDTT," ucap Camat Buki, Dempak. 

    Lanjut, ditanya terkait adanya 2 (dua) desa telah berubah status dari Desa Maju ke Desa Mandiri, Dempak yang saat ini baru kurang lebih 8 bulan menjabat sebagai Camat Buki, tak dapat menyembunyikan rasa bahagia dan mengungkapkan kebanggannya atas hasil pemutakhiran data IDM pafa semua desa di Kecamatan Buki. 

    "Alhamdulillah, tahun ini di Kecamatan Buki sudah ada dua desa mandiri dan lima desa lainnya berstatus desa maju. Karena itu pula, maka status Kecamatan Buki pun berubah menjadi Kecamatan Maju", jelas Dempak. 

    Selanjutnya, Ia berharap lima desa lainnya yang kini berstatus desa maju, kedepannya juga bisa menyusul menjadi desa mandiri. 

    "Perubahan status desa-desa ini harus menjadi motivasi bagi para kepala desa dan perangkatnya untuk menambah gairah dan etos kerjanya, sehingga pelayanan terhadap masyarakat di Kecamatan Buki semakin maksimal", harapnya. 

    Selanjutnya, pembangunan dan pemberdayaan di desa bisa semakin ditingkatkan, utamanya dalam meningkatkan taraf hidup masyarakat melalui pengembangan UMKM, serta menjadikan rekomendasi IDM tersebut sebagai dasar acuan dalam menyusun program-program kegiatan untuk tahun berikutnya", pungkas Camat Buki, Dempak. 

    Adapun Status Desa Hasil Pemutakhiran Data IDM di Kecamatan Buki Tahun 2023, sebagai berikut ;

    1. Bontolempangan, Desa Mandiri

    2. Mekar Indah, Desa Mandiri

    3. Kohala, Desa Maju

    4. Lalang Bata, Desa Maju

    5. Buki Timur, Desa Maju

    6. Balang Butung, Desa Maju

    7. Buki, Desa Maju

    Dengan lahirnya 2 desa maju, tentu Pemerintah Desa dan Kecamatan Buki telah berkontribusi terhadap capaian Gerakan Membangun Desa Mandiri (Gerbang Sari) yang merupakan Program Prioritas Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2022-2026. 

    Diketahui, Indeks Desa Membangun (IDM) ini sendiri adalah sebuah indikator yang digunakan untuk mengukur tingkat kemajuan suatu desa, dengan mengacu pada 3 Indeks yakni Indeks Ketahanan Sosial (IKS), Indeks Ketahanan Ekonomi (IKE), dan Indeks Ketahanan Ekologi/Lingkungan (IKL).

    Ketiga aspek inilah kemudian menjadi kekuatan yang saling mengisi dan menjaga potensi serta kemampuan desa dalam melaksanakan program-program pembangunan dan pemberdayaan untuk mensejahterakan kehidupan masyarakat dengan tetap memperkuat nilai-nilai lokal dan budaya, serta ramah lingkungan dengan mengelola potensi sumber daya alam secara baik dan berkelanjutan. (Tim/afd).
    #Buletin Desa Selayar#Desa Digital#Info Desa
    Buletin Desa Selayar Jumat, 07 Juli 2023 Last Updated 2023-07-06T21:09:00Z
    Komentar

    Tampilkan