• Menu

    Copyright © Buletin Desa Selayar | Membangun Selayar Dari Desa #BDS Nusantara
    Best Viral Premium Blogger Templates

    Top Label

    Kades Sumitro: 101 KK Warga Desa Bahuluang Sudah Menikmati Air Bersih


    BDS SELAYAR | BAHULUANG — Pemerintah Desa Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Kabupaten Kepulauan Selayar menyampaikan rasa syukur dan terima kasih atas rampungnya pembangunan penyediaan prasarana, sarana serta utilitas (PSU) Air Siap Minum (arsinum) di Pulau Bahuluang. 

    "Alhamdulillah, Pembangunan PSU Arsinum di Pulau Bahuluang telah rampung seratus persen. Atas nama Pemerintah Desa dan Masyarakat Bahuluang kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Pemkab Kepulauan Selayar, atas perhatian dan upayanya sehingga PSU Arsinum ini bisa terbangun disini," ucap Kades Bahuluang Sumitro, saat dikonfirmasi Pewarta, Minggu (18/6/2023). 


    Kades Sumitro mengatakan, keberadaan PSU Arsinum tersebut kini telah dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh 101 Kepala Keluarga (KK) dengan total 337 warga Bahuluang. 

    Ia juga mengatakan PSU Arsinum ini telah diserahterimakan dari Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, dan Pertanahan (Perkimtan) kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar melalui Dinas Perumahan dan Kawasan Pemukiman. Dan selanjutnya diserahkan kepada Pemerintah Desa Bahuluang. 

    Pembangunan PSU Arsinum ini, kata Kades Sumitro, tentu harus bisa dijaga keberlanjutannya. Karena sudah diserahkan kepada Pemerintah Desa Bahuluang, maka dalam waktu yang tidak terlalu lama pihak Pemdes Bahuluang juga akan menyerahkan pengelolaannya kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

    "Kedepan, PSU Arsinum ini akan kami serahkan ke BUMDes untuk pengelolaannya. Saat ini, BUMDes sementara menunggu pesanan galon yang akan digunakan untuk menyuplai Arsinum ini ke rumah-rumah warga. Insha Allah, dalam waktu dekat, galonnya sudah tiba di Bahuluang," jelas Sumitro. 

    Lanjut, Sumitro mengatakan bahwa selama ini sebagian warga Bahuluang untuk memenuhi kebutuhan konsumsi air bersih harus membeli air galon dari Desa Appatanah. Sebagiannya lagi memanfaatkan air sumur yang ada untuk dimasak, baru kemudian dikonsumsi. 

    Untuk diketahui, Penyediaan Prasarana, Sarana serta Utilitas (PSU) Air Siap Minum (Arsinum) ini merupakan program prioritas andalan dari Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman.

    Pada tahun 2023 ini, Pemprov Sulsel membangun 11 (sebelas) PSU Arsinum yang tersebar dibeberapa wilayah kepulauan dan pesisir Sulawesi Selatan, untuk memenuhi kebutuhan air bersih warga setempat. 

    Dari 11 PSU Arsinum yang dibangun 4 (empat) diantaranya di Kabupaten Kepulauan Selayar, yakni Pulau Bahuluang Desa Khusus Bahuluang, Kecamatan Bontosikuyu, Pulau Karumpa Desa Karumpa, Kecamatan Pasilambena, Pulau Latondu Desa Latondu Kecamatan Takabonerate, dan Pulau Tarupa Desa Tarupa, Kecamatan Takabonerate.

    Sementara, untuk pembangunan PSU Arsinum di 3 desa lainnya di Kepulauan Selayar, informasi yang diterima Pewarta, juga sudah ada yang telah rampung pengerjaannya, dan ada yang pembangunannya masih sementara berlangsung. (afd/red).
    #BAHULUANG#Buletin Desa Selayar
    Buletin Desa Selayar Senin, 19 Juni 2023 Last Updated 2023-06-18T19:09:42Z
    Komentar

    Tampilkan